Pages

SEJARAH BANDAR LAMPUNG

Provinsi Lampung beribukota di Bandar Lampung, untuk perkantoran gubernur Lampung di Teluk Betung Utara, namun belakangan ini sedang dibuat rancangan perkantoran gubernur yang akan dipindahkan ke kota baru di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (tak jauh dari Bandar Lampung).
Sebenarnya nama Bandarlampung ini baru digunakan pada 1990-an, sebelumnya ibukota Lampung bernama Tanjungkarang. Tanjungkarang ini berdekatan dengan pusat keramaian lainnya bernama Telukbetung. Jadi sebenarnya 2 daerah ini terintegrasi, saling berhubungan, berpaut satu sama lainnya.
Secara geografis, Telukbetung berada di selatan Tanjungkarang/paling ujung, karnea itulah di marka jalan, Telukbetung-lah yang dijadikan patokan batas jarak ibukota provinsi. Kemudian pada 1990-an kedua daerah ini termasuk daerah Panjang digabungkan menjadi satu dengan nama Bandarlampung. Dengan demikian Tanjungkarang dan Telukbetung merupakan bagian/kecamatan di dalam Kota Bandarlampung
Telukbetung, Tanjungkarang dan Panjang (serta Kedaton) merupakan wilayah tahun 1984 digabung dalam satu kesatuan Kota Bandarlampung, mengingat ketiganya sudah tidak ada batas pemisahan yang jelas atau tiga kota yang telah menjadi satu.

0 komentar:

Poskan Komentar