Pages

TRANSPORTASI BANDAR LAMPUNG

Di kota ini terdapat pelabuhan Panjang yang merupakan pelabuhan ekspor-impor bagi Lampung dan juga Pelabuhan Srengsem yang menjadi pelabuhan untuk lalu lintas distribusi batu bara dari Sumatra Selatan ke Jawa. Sekitar 92 kilometer dari selatan Bandar Lampung, ada Bakauheni, yang merupakan sebuah kota pelabuhan di provinsi Lampung, tepatnya di ujung selatan Pulau Sumatera. Terletak di ujung selatan dari Jalan Raya Lintas Sumatera, pelabuhan Bakauheni menghubungkan Sumatera dengan Jawa via perhubungan laut.
Ratusan trip feri penyeberangan dengan 24 buah kapal feri dari beberapa operator berlayar mengarungi Selat Sunda yang menghubungkan Bakauheni dengan Merak di Provinsi Banten, Pulau Jawa. Feri-feri penyeberangan ini terutama melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus-bus penumpang antar kota antar provinsi, truk-truk barang maupun mobil pribadi.
Rata-rata durasi perjalanan yang diperlukan antara Bakauheni - Merak atau sebaliknya dengan feri ini adalah sekitar 2 jam.

Sampai saat ini belum ada jalan tol di Provinsi Lampung, namun akan dibangun jalan tol Babatan-Tegineneng yang direncanakan melewati kota ini.
Bandara
Bandar Lampung dapat ditempuh melalui udara sekitar 30 menit dari Jakarta. Bandara Raden Inten terletak sekitar 14 kilometer dari utara kota.Bandar Udara Radin Inten II adalah bandara bertaraf internasional untuk kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Namanya diambil dari seorang tokoh pahlawan nasional RI, Radin Inten II. Bandara Radin Inten II terletak di desa Branti Raya, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Bandara ini sebelumnya bernama Bandara Branti.

Stasiun kereta api

Angkutan umum di kota

  1. Angkutan Kota (ANGKOT)
    1. Tanjung Karang - Rajabasa berwarna biru muda.
    2. Tanjung Karang - Way Kandis (ada juga yang bertujuan ke kompleks KORPRI Sukarame) berwarna kuning muda/krem.
    3. Tanjung Karang - Permata Biru Sukarame berwarna abu-abu - hijau.
    4. Tanjung Karang - Kemiling berwarna merah.
    5. Tanjung Karang - Teluk Betung berwarna ungu.
    6. Rajabasa - Kemiling berwarna kuning tua.
    7. Rajabasa - Natar (angkot perbatasan) berwarna coklat
  2. Bus Damri
    1. Tanjung Karang - kompleks KORPRI Sukarame
    2. Tanjung Karang - Rajabasa
    3. Tanjung Karang - Teluk Betung
  3. Bus Bukit Barisan
    1. Rajabasa - Panjang
  4. Bus Rapid Transit
BRT ini direncanakan menggantikan angkurtan kota (angkot) yang kendaraannya rata-rata sudah tua dan berkapasitas sedikit. Rencana trayek :
    1. Kemiling - Sukaraja
    2. Kompleks KORPRI Sukarame - Sukaraja
    3. Rajabasa - Sukaraja
    4. Rajabasa - Panjang
    5. Rajabasa - Pasar Cimeng
    6. Kemiling - Ir. Sutami
    7. Lempasing

0 komentar:

Poskan Komentar